Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsDaerahEditorialGaya HidupHead LineKabar DesaLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPariwisataTerkiniTravelWisata

Bale Sipon dan Gujung Jae: Mengungkap Permata Tersembunyi di Narmada, Lombok Barat

×

Bale Sipon dan Gujung Jae: Mengungkap Permata Tersembunyi di Narmada, Lombok Barat

Share this article

Lombok Barat, NTB – Terletak di jantung Desa Wisata Sedau, Bale Sipon muncul sebagai permata yang tersembunyi, menawarkan pemandangan langsung ke Gunung Rinjani yang megah dan hamparan persawahan yang hijau subur. Kawasan Wisata Alam Gujung Jae, yang berada tak jauh dari Kota Mataram ini, menambah keindahan panorama alam yang sudah seperti lukisan ini.

 

Desa Sedau sendiri merupakan bagian dari Kecamatan Narmada di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dan keramahan penduduknya. Dengan luas wilayah 560 hektar yang terbagi menjadi enam dusun, desa ini adalah rumah bagi komunitas yang mayoritas beragama Islam, dengan minoritas Hindu dan Kristen.

 

“Bale Sipon tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya. Desa ini dikenal dengan kesenian Gendang Belek dan pentas Cupak Gurantang, yang merupakan bagian dari warisan budaya yang kaya. Selain itu, Desa Sedau juga terkenal sebagai penyuplai buah-buahan berkualitas tinggi di wilayah Kecamatan Narmada,” Tutur Sophia Pengelola Destinasi Wisata Alam Desa Sedau, Senin (22/4/2024).

 

Kawasan Wisata Alam Gujung Jae, yang berada di Desa Sedau, menawarkan kegiatan rekreasi keluarga yang menyenangkan. “Meskipun namanya mengandung kata ‘gunung’, Gujung Jae sebenarnya bukanlah sebuah gunung, melainkan sebuah danau yang dikelilingi perbukitan dan persawahan. Dahulu kala, danau ini adalah lokasi tambang pasir dan tanah uruk, yang kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang eksotis,” Ujar Usman Jayadi, Direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sedau.

 

“Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di Gujung Jae, mulai dari berkemah, mengelilingi danau dengan perahu, hingga memancing di bendungan. Fasilitas yang tersedia juga sangat mendukung, termasuk tempat parkir yang luas, toilet, gazebo, dan spot foto yang instagramable. Semua ini menjadikan Bale Sipon dan Gujung Jae sebagai destinasi yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya Lombok Barat,” Tambah Shopia.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang Desa Wisata Sedau dan Kawasan Wisata Alam Gujung Jae, Bisa Langsung menghubungi kami di hotline +62 877-5832-2211 (Pia), +62 819-3313-5163 (Ege), dan melihat kondisi terkini di Instagram @wisataalam_gunung_jae.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *