Berita

Kawan Iqbal Ajak Mahasiswa Mataram Bongkar Gagasan Iqbal

×

Kawan Iqbal Ajak Mahasiswa Mataram Bongkar Gagasan Iqbal

Share this article
Calon gubernur NTB lalu Muhammad Iqbal saat bertemu dengan aktivis Presma Mataram .jpeg

MATARAM- Ratusan mahasiswa Kota Mataram melakukan dialog bersama calon gubernur NTB, Lalu Muhammad Iqbal, di kafe tua Kawa, Mataram, Minggu (31/3/2024).

Kegiatan bertajuk labrak Iqbal itu dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Mataram.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh relawan Kawan Iqbal. Dalam pengantarnya, koordinator relawan, Samsul Hasan Basri,  memberikan pengantar diskusi bahwa pada malam itu, calon gubernur NTB, Miq Iqbal tengah hadir dihadapan peserta diskusi.

“boleh kita kenalan?” sindir Samsul kepada peserta diskusi.

Samsul juga mengarahkan kepada parak aktivis mahasiswa untuk sama-sama  membongkar, mengulas analisis kritisi terkait pikiran dan gagasan tokoh pejabat kemenenterian itu, ikhwal memilih pulang membangun NTB.

“Di hadapan kita, kita sudah kedatangan calon gubernur kita, Mamiq Iqbal, mari kita sama-sama berdiskusi mengulas gagasan dan ide beliau untuk membangun NTB kedepannya,” ajak Samsul.

Paparan Iqbal

Mamiq Iqbal panggilan singkat mantan dubes RI untuk Turki itu menyampaikan gagasan membangun NTB lima tahun mendatang.

Dalam paparannya, Iqbal sempat berseloroh kepada para pimpinan lembaga eksekutif mahasiswa tersebut, bahwa dirinya juga pernah merasakan posisi sebagai aktivis mahasiswa.

“Malam ini saya teringat puluhan tahun yang lalu saat saya masih mahasiswa, saat masih menjadi aktivis kampus. Situasi ini adalah dinamika yang harus saya maklumi sebab ini adalah proses pengulangan suatu situasi bagi diri saya,” kata Iqbal.

Dia mengapresiasi semangat dan ke kritisan para aktivis kampus yang berani mengambil inisiatif melabrak calon kandidat gubernur untuk membongkar gagasan-gagasan apa yang dimiliki seorang Lalu Muhammad Iqbal sehingga berani mencalonkan diri sebagai gubernur pada perhelatan pilkada mendatang.

Dengan senyuman dan pembawaan yang santai, mantan dubes itu mengelaborasi gagasannya sebagai modal maju pada kontestasi pemilihan gubernur mendatang.

Juru bicara kementerian luar negeri itu dengan gamblang mengelaborasi gagasannya terkait tata kelola kebijakan pembangunan di NTB diantaranya soal pembangunan infrastruktur transportasi, ekonomi kerakyatan, pertanian, pariwisata dan kelautan.

Dalam prolognya, pria bergelar diktor itu, menyampaikan kepada para aktivis kampus itu bahwa pada intinya NTB membutuhkan perspektif baru kepemimpinan. Dari soal infrastruktur fisik, ekonomi, pariwisata, buruh migran, pertanian, lapangan kerja dan pendidikan.

“NTB tidak cukup dibangun dengan mengandalkan kemampuan APBD semata. Pembangunan di NTB tidak akan pernah setara selama tumpuan pembangunan hanya dari kapasitas anggaran daerah,” jelasnya.

Dengan pengalaman yang dimiliki sebagai diplomat hubungan internasional yang juga pernah belajar arsitektur di kampus UII itu, menututnya, banyak mekanisme pembiayaan dari lembaga-lembaga donor internasional yang konsen membantu negara-negara dunia ketiga.

“Pada dasarnya  pemerintah butuh alternatif pembiayaan lain di luar  dari APBD untuk menjangkau pembangunan di wilayah-wilayah plosok itu” papar Iqbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *