Bali NusraBeritaBerita NTBBinkamBreaking NewsDaerahKLULombokLombok UtaraLotaraNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Bersatu Melawan Bencana: Komitmen Kodim 1606/Mataram Memulihkan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat di Lombok Utara

×

Bersatu Melawan Bencana: Komitmen Kodim 1606/Mataram Memulihkan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat di Lombok Utara

Share this article

Lombok Utara, NTB – Dalam menghadapi ujian alam berupa banjir bandang yang melanda Dusun Monggal, Desa Genggelang, Lombok Utara, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram, yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Mangunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119, dengan sigap melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak. Kejadian ini terjadi setelah hujan deras yang tidak kunjung reda selama tiga hari berturut-turut, menyebabkan air bah yang menghancurkan infrastruktur penting dan menimpa salah satu alat berat dengan pohon tumbang, Sabtu Sore (9/3/2024).

Dandim 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., yang telah dikenal dengan komitmennya terhadap kesejahteraan masyarakat, menunjukkan kepemimpinan yang tangguh dalam menghadapi situasi darurat. Beliau mengkoordinasikan upaya penanganan cepat bersama anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-119 dan pihak-pihak terkait untuk memastikan keselamatan warga dan pemulihan infrastruktur.

“Kami tidak akan tinggal diam melihat kondisi ini. Prioritas kami adalah memastikan keselamatan warga dan segera memulihkan akses jembatan yang merupakan urat nadi transportasi di sini,” ujar Dandim 1606/Mataram.

Ia juga menegaskan, “Kami juga akan mempercepat proses rekonstruksi jembatan agar kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat dapat kembali berjalan normal.” Tegas Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., Dandim 1606/Mataram yang sekaligus Dansatgas TMMD ke-119 ini.

Pembangunan ulang jembatan di Dusun Monggal merupakan bagian dari program utama TMMD ke-119, yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan kesejahteraan masyarakat. Proyek ini mencakup pembukaan jalan, renovasi rumah tidak layak huni, dan pelebaran jalan untuk mempermudah akses masyarakat.

Kegigihan dan dedikasi Dandim 1606/Mataram serta seluruh anggota Satgas TMMD dalam menghadapi bencana ini menjadi simbol ketangguhan dan solidaritas yang menginspirasi. Mereka bekerja tanpa kenal lelah untuk membangun kembali, tidak hanya infrastruktur, tetapi juga harapan dan semangat masyarakat Lombok Utara.

Bati Bhakti TNI Kodim 1606/Mataram, Peltu Basuki yang mendampingi Dandim 1606/Mataram bersama anggota Satgas TMMD ke-119 langung begerak dalam upaya pemulihan lokasi sasaran tersebut.

“program TMMD ke-119, tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kami bersama anggota Satgas yang berada di lokasi langsung mengambil tindakan dalam mengatasi situasi tersebut,” terang Peltu Basuki.

“Dengan kerjasama yang erat antara Kodim 1606/Mataram dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara, serta dukungan penuh dari masyarakat, tidak ada keraguan bahwa Dusun Monggal akan segera bangkit dan pulih dari cobaan ini,” Tegas Dandim 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *