Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBinkamBreaking NewsDaerahHead LineKabar DesaLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

TNI Manunggal Air, Program Kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk Wujudkan Kesejahteraan

×

TNI Manunggal Air, Program Kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk Wujudkan Kesejahteraan

Share this article

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat, TNI melalui program TNI Manunggal Air melakukan berbagai upaya untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat di berbagai daerah, khususnya di wilayah perbatasan dan terpencil. Program ini diluncurkan secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simajuntak melalui video conference (vicon) yang diikuti oleh seluruh Komando Daerah Militer (Kodam) se-Indonesia pada Selasa (5/2/2024).

Salah satu lokasi yang menjadi saksi peluncuran program ini adalah Desa Presak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok
Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di desa ini, wilayah teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram memasang pipanisasi pompa hidram yang dapat mengalirkan air bersih dari sumber mata air ke rumah-rumah warga. Pompa hidram ini merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan yang memanfaatkan energi air untuk menggerakkan pompa tanpa menggunakan bahan bakar.

Vicon ini dihadiri oleh Komandan Korem (Danrem) 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han, beserta jajaran staf dan Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., serta komandan satuan jajaran Korem 162/WB. Selain itu, turut hadir pula pejabat daerah setempat, seperti Ketua DPRD Lombok Barat (Lobar) Hj. Nurhidayah, Kepala Dinas PUPR Lobar Lalu Winengan, Kepala Desa Presak Sdr. Bahri, dan perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, KASAD mengatakan bahwa program TNI Manunggal Air merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Saya bangga sekali bisa hadir di lokasi ini dan ada beberapa hal yang kita buka antara lain launching air, buka lahan dan penanaman pohon untuk menjaga alam. Kami berkomitmen untuk terus mengadakan air bersih untuk rakyat tapi itu semua bisa terlaksana atas kerjasama dari pemerintah daerah dengan harapan di seluruh Indonesia jangan sampai ada masyarakat kita yang tidak dapat air,” ujar KASAD.

Danrem 162/WB yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kerjasama antara Kodim 1606/Mataram dan pemerintah daerah dalam mewujudkan program ini. Ia mencontohkan kerjasama antara TNI dan Pemerintah Kabupaten Lobar. “Kerjasama pembangunan Pompa Hidram ini akan dilanjutkan di sejumlah titik wilayah Korem 162/WB bekerja sama pemerintah daerah dan sektor lainnya,” kata Danrem 162/WB.

Selain itu, Dandim 1606/Mataram juga menambahkan pentingnya penanaman pohon untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. “dengan menanam pohon, kita berharap menjadi pelopor penghijauan, dengan harapan dapat di ikuti oleh masyarakat luas. Sehingga dapat menjadi penyangga tanah dari air hujan,” tuturnya.

Acara vicon ini juga diisi dengan penyampaian laporan dari beberapa Kodam yang telah melaksanakan program TNI Manunggal Air di wilayahnya, seperti Kodam Cendrawasih yang mengalirkan air bersih ke wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini dan Kodam IX/Udayana yang membangun pipa air di daerah Tabanan Bali dan perbatasan Nusa Tenggara Timur. Dari laporan tersebut, terlihat bahwa program ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya dari para kepala suku dan kepala desa yang merasakan manfaat langsung dari adanya air bersih.

“Program TNI Manunggal Air ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat mendorong kesejahteraan dan kemandirian rakyat. Seperti tema yang diusung, program ini menunjukkan bahwa negara hadir untuk rakyat,” pungkas Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *