Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsDaerahLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPariwisataPemerintahanPendidikanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-PolriTravelWisata

300 Peserta Ikuti Persami 2024 di Lombok Barat Bersama Pangdam IX Udayana, Tanam Pohon dan Dialog dengan Kasad

×

300 Peserta Ikuti Persami 2024 di Lombok Barat Bersama Pangdam IX Udayana, Tanam Pohon dan Dialog dengan Kasad

Share this article

Lombok Barat, NTB – Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1606/Mataram menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) tahun 2024 di Bumi Perkemahan Gunung Jae, Desa Sedau Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, pada Sabtu (3/2/2024).

Persami 2024 ini mengusung tema “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”, yang sejalan dengan salah satu poin dasa darma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter generasi muda bangsa, khususnya anggota Pramuka Saka Wira Kartika, yang merupakan calon-calon pemimpin masa depan.

Upacara pembukaan Persami 2024 ini dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Harfendi, S.IP., M.Sc, yang juga merupakan Pembina Saka Wira Kartika tingkat daerah Bali Nusra. Dalam sambutannya, beliau membacakan amanat Kasad, yang mengapresiasi kegiatan ini sebagai sarana untuk memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global,” kata Pangdam IX/Udayana.

Selain itu, Pangdam juga berpesan kepada para peserta Persami agar mengikuti kegiatan dengan baik dan menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga mengharapkan agar generasi muda bangsa memiliki semangat bela negara, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan dan alam sekitar.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., yang turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut, menambahkan, “kegiatan Persami 2024 dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara, antara lain penanaman pohon, penyerahan sembako, pengobatan masal, dan dialog dengan Kasad secara virtual. Selain itu, para peserta Persami juga menampilkan demonstrasi semaphore dan tanggap bencana.” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 300 orang, termasuk para pejabat tinggi TNI, pemerintah daerah, dan DPRD. Diantaranya, Asisten 2 Prov NTB H.Fathul Gani, Danlanud Kol PNB Erwin Sugiandi, Danlanal di Wakili Lettu Laut (P) Patmo, Aslog Kasdam IX/Udayana Kolonel Kav Soleh, S.Sos., Aster Kasdam IX/Udyayana Kolonel Inf Puji Hartono, S.I.P., Dandim 1606 Mataram Letkol Arm Saifudin Khoiruzzamani S.Sos., M.Han., Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi.

Dandim 1606/Mataram, mengungkapkan, “Kegiatan Persami 2024 ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengalaman yang berharga bagi para peserta, sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan,” pungkas Letkol Arm Saifudin Khoiruzzamani S.Sos,M.Han.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *