Arahan Dandim Mataram: Peran Kodim 1606 dalam Menjaga Stabilitas di Tahun Politik

Mataram, NTB – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., memberikan arahan penting dalam rangka menyikapi situasi tahun politik 2024. Dalam pengarahannya saat mengambil apel pagi menyampaikan pesan pesan penting kepada seluruh anggota Kodim 1606/Mataram di Halaman Makodim 1606 Mataram, Jl.Pejanggik No. 7, Kota Mataram, Senin (30/10/2023).

Dalam pengarahannya, Komandan Kodim (Dandim) Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Kodim 1606/Mataram atas semangat yang telah ditunjukkan sesuai arahan dari Komando atas.” katanya.

Banner Iklan niagahoster

Dalam Jam Komandan (Jam Dan) juga menyoroti sejumlah kegiatan yang telah berlangsung di bulan Oktober. “Kegiatan pada bulan ini, terutama yang bersifat protokol dan yang terkait dengan peringatan hari ulang tahun TNI, hampir selesai. Namun, saya ingin menyampaikan bahwa kegiatan satuan kewilayahan tidak hanya terbatas pada program pelatihan atau program latihan saja,” ungkapnya.

Beliau menekankan pentingnya melibatkan diri dalam kegiatan non-program latihan yang kadang-kadang memerlukan waktu di luar jam kerja reguler. “Ketika diperlukan, kita harus melaksanakan kegiatan bahkan pada hari Sabtu dan Minggu. Ini penting karena masyarakat seringkali aktif pada hari libur, dan kita harus memahami kebutuhan mereka,” tambah Dandim 1606 Mataram.

Menyikapi tahun politik, Dandim 1606 Mataram, Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menyarankan agar anggota Kodim 1606/Mataram memperhatikan perkembangan politik, khususnya di daerah rawan konflik. “Jangan mencoba menyelesaikan masalah sendiri. Jika ada gejolak, ini akan menarik perhatian nasional. Oleh karena itu, kita harus menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah kita,” tegasnya.

“Kita tidak boleh mengabaikan atau mengesampingkan potensi masalah keamanan, bahkan yang terlihat kecil. Kecilnya masalah bisa menjadi besar, dan itu dapat berdampak pada ketertiban dan keselamatan masyarakat, serta proses demokrasi,” paparnya.

Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., mengakhiri sambutannya dengan mengajak seluruh anggota Kodim 1606/Mataram untuk aktif melaksanakan berbagai program seperti Pembinaan Teritorial (Binter),¬† Komunikasi Sosial (Komsos), serta melaporkan segala hal yang terjadi di wilayah mereka. “Laksanakan tugas-tugas kita dengan baik, termasuk deteksi dini dan langkah-langkah pencegahan yang dibutuhkan. Kepada seluruh anggota untuk bersinergi dan menjaga stabilitas wilayah dalam menghadapi tahun politik yang penuh tantangan.”¬†tandasnya.