Kerjasama Babinsa dan Wirausaha Pertanian di Jempong Baru: Suksesnya Pendekatan Akrab untuk Produktivitas Pertanian

Mataram, NTBBintara Pembina Desa (Babinsa) Jempong Baru, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan berhasil membangun Komunikasi Sosial (Komsos) yang erat dengan sejumlah usaha pembibitan pertanian yang dikelola oleh warga di wilayahnya. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan memperkuat kerja sama antara TNI AD dan masyarakat dalam sektor pertanian, Jum’at (18/8/2023).

Melalui pendekatan yang akrab dan terbuka, Sertu Samsuri Babinsa Jempong Baru mampu mendekatkan diri dengan para pelaku usaha pembibitan pertanian. Ia secara rutin mengunjungi lokasi pembibitan, memberikan saran teknis, dan bertukar informasi mengenai perkembangan terbaru dalam bidang pertanian. Dengan pendekatan ini, hubungan antara Babinsa dan para wirausaha pertanian semakin erat dan saling menguntungkan.

Banner Iklan niagahoster

Salah satu pelaku usaha pembibitan pertanian, Bapak Misbah, menyambut baik upaya kolaborasi tersebut. Ia mengungkapkan, “Kehadiran Babinsa sangat membantu kami dalam memahami teknik-teknik budi daya yang lebih baik. Kami juga mendapatkan informasi tentang program-program pemerintah yang dapat mendukung usaha kami. Komunikasi yang baik ini benar-benar memberikan dampak positif pada pertumbuhan tanaman dan bisnis kami.” Jelasnya.

Sertu Samsuri juga berbagi pengetahuan pertanian kepada para wirausaha pertanian, membantu mereka memahami praktik-praktik terbaik dalam budidaya tanaman, pengendalian hama, dan manajemen risiko. “Ini merupakan langkah konkret untuk meningkatkan kapasitas para petani lokal dan membantu mereka menghadapi tantangan dalam usaha pertanian,” tegasnya.

Komandan Koramil 1606-09/Ampenan, Kapten Inf Zainul Fahri, memberikan apresiasi atas inisiatif Sertu Samsuri. Ia menyebutkan, “Kerja sama yang erat antara Babinsa dan masyarakat merupakan inti dari peran TNI AD dalam mendukung pembangunan di tingkat desa. Kolaborasi ini memberikan contoh yang baik bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian.” Ucapnya.

Langkah-langkah positif yang diambil oleh Babinsa di Jempong Baru ini memberikan contoh inspiratif tentang pentingnya kolaborasi antara aparat keamanan dan masyarakat dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia. Keterlibatan Babinsa dalam mendukung usaha warga lokal di bidang pertanian membuktikan bahwa kerjasama yang kuat dapat menghasilkan hasil yang signifikan bagi pembangunan berkelanjutan di tingkat desa.