Jaga Keindahan Alam, Babinsa Gili Gede Indah Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai

Lombok Barat, NTBBintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-06/Sekotong, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram mengajak masyarakat Dusun Orong Bukal, Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, untuk bersama-sama membersihkan pantai guna menjaga keindahan alam dan melindungi ekosistem laut. Aksi bersih-bersih pantai yang diprakarsai oleh Babinsa bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan menjauhkan sampah dari lingkungan.

Bersama sejumlah masyarakat sekitar Babinsa mulai membersihkan dengan mengangkat sampah plastik di sepanjang Pantai Orong Bukal. Dengan semangat dan jiwa gotong royong, mereka memungut sampah dengan peralatan pembersih seadanya.

Banner Iklan niagahoster

Pelda Dewa Made Kaler Babinsa Gili Gede Indah, yang telah mengabdikan dirinya di wilayah ini selama beberapa tahun, berbicara kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan dampak negatif yang dihasilkan jika sampah tidak dikelola dengan baik. Ia menekankan, “setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga keindahan alam dan keberlanjutan ekosistem,” tegasnya, Sabtu (17/6/2023).

“Sampah yang dibuang sembarangan di pantai dapat mencemari lingkungan dan merusak ekosistem laut. Ini berdampak pada kesehatan makhluk hidup di laut dan bahkan mencemari pasokan makanan kita sendiri. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berkontribusi dengan membersihkan pantai ini,” ujar Pelda Dewa Made Kaler dengan penuh semangat.

Dalam waktu ±2jam, pantai yang semula dipenuhi oleh sampah-sampah plastik dan limbah non-organik lainnya berubah menjadi pantai yang bersih dan indah. Warga bersama-sama mengumpulkan sampah, memisahkan jenis sampah, dan memastikan bahwa mereka tidak meninggalkan jejak yang merugikan di area tersebut.

Ketua Pokdarwis H. Jumahar yang mengikuti aksi tersebut, mengungkapkan rasa bangganya atas partisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. “Saya merasa senang bisa ikut serta membersihkan pantai ini. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkala untuk menjaga kebersihan pantai dan mengajarkan generasi muda tentang pentingnya menjaga alam,” ucapnya.

Aksi bersih-bersih pantai ini juga mendapatkan apresiasi dari General Manager Cocomo, Bapak Wayan. Beliau menyatakan dukungannya terhadap inisiatif masyarakat dan Babinsa dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Saya mengapresiasi Babinsa dan masyarakat yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk membersihkan pantai kita. Mari jaga kebersihan ini dengan menjaga kesadaran kita dalam membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Aksi bersih-bersih pantai yang melibatkan Babinsa dan masyarakat ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan kesadaran dan aksi nyata seperti ini, kita dapat menjaga keindahan alam serta memastikan keberlanjutan ekosistem yang sehat bagi generasi mendatang.