Destinasi Wisata Pantai di Lombok Barat yang Patut Dicoba, Pemandangan Indah Memanjakan Mata

Gili Nanggu
Deretan Gili di Sekotong, salah satunya Gili Nanggu. Foto: Pemkab Lobar

Wisata Pantai di Lombok Barat, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menakjubkan di Lombok. Yang memang sudah terkenal sebagai salah satu kawasan Indonesia yang memiliki.

Jika kamu hendak berlibur ke wilayah yang masih sangat kaya akan pesona alamnya, maka Lombok Barat bisa menjadi pilihanmu.

Terutama pesona wisata alam pantainya. Kamu akan terpana karena keindahannya.

Berikut kami akan membagikan informasi terkait 8 objek wisata pantai di Lombok Barat yang ramai pengunjungnya.

 

Pantai Elak-elak Sekotong
Wisata Panta di lombok Barat Pantai Elak-elak Sekotong
Pantai Elak-elak Sekotong. Foto: Instagram Lombok Traveler

Terletak di Kecamatan Sekotong bagian selatan Pulau Lombok, Pantai Elak-elak layak sebagai sebagai surga alami karana keindahannya. Beragam spot cantik yang ada di Lokasi ini memanjakan mata para pelancong. Selain memiliki spot-spot indah, keramahan masyarakat sekitar juga menyambut dan mewarnai kegiatan selama berwisata.

Wisatawan akan menemui pedagang yang menawarkan dagangannya dengan penuh keramahan. Sehingga pengunjung akan benar-benar merasakan berwisata dengan penuh ketenangan.

 

Pantai Senggigi
Wisata Pantai di Lombok Barat, Pantai Senggigi
Pantai Senggigi. Foto: pinterest UpSticksNGo

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata yang terkenal di Lombok, merupakan salah satu icon Pariwisata di kabupaten Lombok Barat. Terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok Pesisir pantainya masih asri. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Pesona Pantai Senggigi memang sudah tak terelakan lagi, kini mulai bangkit ditengah pandemi covid-19 melanda dunia. Geliat Wisata Pantai di Lombok Barat mulai terlihat dari kunjungan wisatawan yang datang dari dalam ataupun luar negeri.

Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang cukup panjang, sebagian bibir pantainya ada yang penuh bebatuan ada pula yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut.

Air lautnya terlihat tenang, dengan warna biru yang dominan, selain itu airnya cukup jernih sehingga terlihat dengan jelas terumbu karang yang menghiasi lautan.

Ketika berada di Pantai Senggigi, banyak ragam wisata seru dan menyenangkan yang dapat kamu lakukan. Seperti berjemur dan bersantai, berenang dan bermain air, Diving dan Snorkeling, Surfing, Memancing, dan Bermain Speed Boat.

 

Pantai Cemare Lembar
Pantai Cemare, Wisata pantai di Lombok Barat
Pantai Cemare Lembar. Foto: Google

Pantai cemare merupakan destinasi Wisata Pantai di Lombok Barat yang terletak di daerah Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Meskipun berpasir hitam pantai cemare ini cukup banyak mendapat kunjungan dari wisatawan lokal, dengan suguhan pemandangan lalu Lalang kapal penyebrangan. Kapal ferry  menuju pulau bali atau sebaliknya, serta sunset tak kalah indah.

Selain memiliki keindahan, di pantai cemare juga dapat dijumpai banyak lapak yang yang menyajikan menu aneka kuliner laut, mulai dari beragam jenis ikan, cumi, kerang, hingga kepiting.

Bahkan,disekitar pantai cemare juga ada destinasi hutan bakau yang dapat di nikmati dengan menyewaperahu mengintari sepanjang hutan. Yang tak kalah menarik, di pantai Cemare juga tersedia area Camping buat keluarga, sambal menikmati lalu Lalang kapal yang melintas.

 

Pantai Tanjung Bias Batulayar
Pantai Tanjung Bias batulayar
Pantai Tanjung Bias. Foto: Instagram sinikelombok

Mendengan nama Tanjung Bias, pikiran kita pasti langsung tertuju terhadap wisata kulinernya yang terkenal. Dengan panorama pantai, Gunung Agung Bali, dan matahari terbenam menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas penat.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya, Tanjung Bias yang terletak di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Lombok Barat ini, dapat berinteraksi dengan perkampungan nelayan setempat.

Aneka olahan ikan menjadi menu wajib di cafe-cafe Tanjung Bias, mulai dari ikan goreng, ikan bakar, serta makanan khas Sasak seperti plecing dan sate bulayak menjadi menu favorit para wisatawan.

Selain makanan berat, tersedia juga aneka cemilan seperti pisang goreng, kentang goreng, sosis goreng, dan aneka gorengan lainnya, serta jagung bakar.

 

Pantai Panggang Sekotong
Pantai Panggang Sekotong. Foto: facebook.com/Kana Travel

Pulau Lombok dengan kekayaan alam yang luar biasa ini memiliki begitu banyak tempat wisata yang patut untuk mengunjunginya. Salah satunya pantai Panggang di Dusun Panggang, Desa Persiapan Blongas, Kecamatan Sekotong Lombok Barat ini.

Berlibur di akhir pekan, kamu bisa memilih bersantai ke pantai Panggang, Desa Persiapan Blongas Sekotong-Lombok Barat ini. Pantai yang menyajikan pemandangan indah dengan deburan ombak serta jejeran bebatuan karang dan bebatuan cadas ini bisa menjadikan akhir pekanmu jadi lebih fresh dan menyenangkan.

Pemandangan pantai yang luar biasa indahnya, cocok sekali untuk kamu yang suka hunting foto, karena sangat banyak spot yang bagus untuk berfoto.

Pulau terluar di NTB nampak dari Bukit Pantai Panggang
Pulau terluar di NTB nampak dari Bukit Pantai Panggang

Di lokasi pantai sendiri terdapat bukit yang bisa dijadikan tempat untuk melihat keseluruhan pemandangan pantai. Bahkan berkesempatan melihat pulau terluar di Nusa Tenggara Barat, yaitu Pulau Pulau Sophialouisa atau masyarakat sekitar mengenalnya dengan pulau Sepatang.

Kalau ingin berjunjung ke Pulau ini, wajib membawa perbekalan, serta pada saat musim kemarau. Karena, di tempat ini tidak ada pedagang yang menjual makanan maupun minuman serta akses jalan yang cukup ekstrim.

 

Pantai Mekaki Sekotong
Pantai Mekaki Sekotong
Pantai Mekaki Sekotong. Foto: KIM Sekotong

Permata Wisata Pantai di Lombok Barat itu bernama Pantai Mekaki. Keindahan pantai yang terletak di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat ini memang pantas disebut sebagai permata. Berbeda dengan pantai lain yang terkadang akrab dengan hiruk-pikuk. Pantai Mekaki adalah pilihan tepat untuk mencari ketenangan, mengusir kepenatan, serta menemukan kedamaian.

Menyajikan panorama hamparan laut luas, pasir putih, dan perbukitan, layak menjadi tujuan wisata favoritmu saat mengunjungi Lombok.

Sesungguhnya, sebagai salah satu wisata andalan di Sekotong, pesisir Pantai Mekaki yang panjang dan relatif luas cocok untuk melakukan kegiatan running. Karena itulah kawasan pantai yang dikelilingi perbukitan ini memiliki potensi yang besar untuk destinasi sport tourism. Salah satu event olahraga yang sukses digelar di pantai ini adalah Mekaki Marathon.

 

Deretan Gili di Sekotong
Gili Nanggu
Deretan Gili di Sekotong, salah satunya Gili Nanggu. Foto: Pemkab Lobar

Bagi para wisatawan yang ingin berkungjung ke Pulau Lombok, kini tidak hanya Gili Trawangan saja yang dapat anda kunjungi. Ada pilihan lain bagi mereka yang benr-benar ingin menacari ketenangan. Di Daerah Sekotong terdapat tiga Gili yang memiliki keindahan tak kalah dengan Gili-gili yang sudah terkenal lebih dulu di Lombok. Antara lain Gili Nangu, Gili Sudak dan Gili Kedis yang semuanya memiliki pesona pasir putih memukau.

Dari ketiga Gili ini, hanya Gili Kedis yang tidak memiliki penginapan, karena hanya memiliki luas sekitar 15 are. Cocok untuk pecinta biota laut, karena terumbu karang masih alami dan bagus serta ikan yang bersahabat. Untuk menuju lokasi tiga Gili dapat menyewa perahu-perahu yang banyak tersedia dari warga sekitar. Dengan kisaran harga 250 – 350 ribu, bisa mengunjungi ketiga Gili ini sepuasnya.

 

Wisata Mangrove Sekotong
Kawan Wisata Mangrove Desa Sekotong Tengah
Kawan Wisata Mangrove Desa Sekotong Tengah. Foto: KIM Desa Sekotong Tengah

Keberadaan Ekowisata Mangrove di Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong Lombok Barat belakangan ini cukup menyedot perhatian para wisatawan. Bagaimana tidak, jembatan kayu membelah asrinya hutan mangrove yang terletak di Desa Sekotong Tengah ini. Sehingga mewarnai Wisata Pantai di Lombok Barat yang sangat menarik wisatawan yang ingin berkunjung di sini.

Bahkan kedepannya, pemerintah berencana menambah pembangunan jembatan kayu untuk melintasi hutan mangrove untuk jalan keluar. Ekowisata Mangrove Sekotong Tengah yang mempunyai luas sekitar 12 ha dengan panjang trek sekitar 300 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.