Jelang Event Internasional MXGP Samota, Pemprov NTB dan Kabupaten Sumbawa Terus Berbenah

Sumbawa Besar, NTB – Untuk menyambut perhelatan event internasional Motocross Grandx Prix (MXGP) di kawasan Teluk Saleh-Moyo-Tambora (Samota), jajaran Pemerintah Prov. NTB, Kabupaten Sumbawa dan Pemerintah Pusat, terus berbenah dan menyiapkan berbagai infrastruktur dan fasilitas untuk mensukseskan kejuaraan motorcross dunia tersebut.

Ditunjuk sebagai tuan rumah event yang akan berlangsung pada tanggal 24-26 Juni 2022, Pemkab Sumbawa melalui Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd., mengatakan optimis mensukseskan menyelenggaran kejuaraan dunia MXGP seri ke-12 di kawasan Samota.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama dan sinergi antara Pemprov. NTB, Pemkab. Sumbawa, Pemerintah Pusat dan semua pihak, proses koordinasi dan komunikasi terus berjalan. Kami yakin dan optimis penyelenggaraan MXGP dapat terselenggara,”kata Wabup, di Talk Show Bincang Gemilang edisi Road to MXGP , yang digagas Pemprov. NTB melalui Dinas Kominfotik NTB, Rabu (30/3/2022) di istana Dalam Loka Sumbawa Besar.

Lebih lanjut, Wabup menjelaskan berbagai proses persiapan dan langkah telah selesai dilakukan. Seperti persiapan lahan sirkuit dan infrastruktur pendukung di perbukitan Samota, telah disurvei dan dipilih oleh tim dari Jakarta.

“Ada 8 lokasi yang diusulkan, kawasan Samota yang dipilih karena panoramanya yang indah, dapat menyaksikan teluk Saleh, pulau Moyo dan gunung Tambora,”jelas Wabup Dewi Noviany didepan Kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy dan undangan Bincang Gemilang.

Begitupun dengan lokasi dan kawasan event telah pastikan clear dan clean. sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

“Kami telah duduk bersama dengan pimpinan DPRD Kab. Sumbawa, memastikan lokasi tersebut aman untuk kegiatan tersebut,”ucapnya.

Tidak hanya itu, Pemkab. Sumbawa melakukan koordinasi dengan pelaku usaha, pariwisata dan UMKM, dengan menggerakan OPD terkait untuk terus melakukan sosialisasi, tentang multiefek adanya MXGP sebagai event yang dapat menggeliatkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemberdayaan UMKM, akomodasi, restoran, penginapan seperti homestay sudah kami siapkan dan koordinasikan dengan 5 kecamatan dilingkar Samota.
Termasuk persiapan tenaga kerja lokal, yang akan terlibat langsung pada event MXGP,” tandas Wabup.

Persiapan lain yang tidak kalah pentingnya seperti fasilitas dan infrastruktur pendukung, misalnya bandara terus dibenahi. Runway akan diperlebar dan lintasan pacu akan diaspal lebih tebal lagi. Fasilitas pendukung transportasi laut, seperti pelabuhan terus dibenahi dan diperbaiki.

Selain itu, disampaikannya, bahwa fasilitas pendukung seperti jaringan telekomunikasi, listrik, sumber air, fasilitas kesehatan dan medis, juga dalam proses pengerjaan dan menunjukan progres yang baik.

“Bahkan bendera negara-negara peserta MXGP Samota-Sumbawa juga, telah dikibarkan dilokasi sirkuit MXGP,”tutupnya.

Bincang Gemilang tersebut menghadir 2 narasumber lain, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa dan Kapolres Sumbawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.